Arti Pentingnya Sejarah ?


Bismillah,

Dalam beberapa hari ini, saya teringat kembali dengan topik diskusi dengan sahabat-sahabat saya di Jakarta. Duduk di kos-kosan, hanya beralaskan sebuah karpet, sambil sesekali melihat tayangan National Geographic yang menarik di TV 14 inch. Tak lupa ditemani segelas kopi hitam ataupun sebotol minuman green tea favorit saya. Ahhh jadi kangen sama minuman itu =).

Topik yang selalu jadi isu hangat kami adalah membahas tentang “Sejarah”. Sejarah tentang tokoh siapa saja, budaya apa saja, atau negara mana saja.

Kenapa sejarah? Apa pentingnya sejarah? Jangan-jangan kami dianggap orang-orang jadul nih?

Mungkin bagi sebagian orang, sejarah tidak menjadi focus of interest mereka. Kebanyakan melewati begitu saja dalam memaknai sejarah tersebut. Atau mungkin sejarah hanya menjadi hafalan layaknya anak SD yang kemudian akan ia tuliskan untuk menjawab soal-soal pengetahuan umum. Yah, kurang lebih memang seperti itu kita dulu di masa sekolah memaknai pelajaran sejarah. Padahal ada nilai besar dari orang-orang yang memahami makna sejarah.

Secara umum definisi sejarah adalah sesuatu yang terjadi di masa lalu. Sadar ataupun tidak, masing-masing manusia sebenarnya sedang mengukir sejarah atas nama mereka sendiri. Apa yang kita lakukan saat ini akan menjadi sejarah untuk dikenang orang lain di masa mendatang.

Dalam peribahasa kita sering mendengar atau membaca kalimat “bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya sendiri” atau “belajarlah dari sejarah para pendahulu.

Tidak hanya itu, ketika saya membaca sebuah novel islami “Bumi Cinta”, karangan Kang Abik, saya mendapatkan sebuah penjabaran definisi yang begitu menarik dari para ahli. “Sejarah itu memperluas pengalaman-pengalaman manusia”, kata Robert Jones Shafer. Kegunaan sejarah bersifat edukatif, instruktif, inspiratif dan rekreatif menurut Louis Gotschalk.

Ternyata dari definisi sejarah itu sendiri sudah mampu memberikan fungsi seorang guru. Memberikan pelajaran dari pengalaman-pengalaman si pelaku sejarah, untuk dapat kita ilhami dan ambil hikmah dari sesuatu yang sudah terjadi. Jika sejarah itu merupakan kejadian baik, maka patut kita teladani, dan apabila kejadian itu buruk, maka patut jua kita ketahui agar kejadian buruk tersebut tidak terjadi kepada diri kita sendiri.

Bahkan untuk menambah ilmu dan pengetahuan, kita dianjurkan untuk banyak membaca buku. Semakin banyak membaca, maka semakin kaya pengetahuan. Akan tetapi, berapa banyak orang yang sadar bahwa buku itu adalah sejarah pemikiran, pengetahuan dan pengalaman dari si penulis? Dengan kata lain setiap buku merupakan sejarah si penulis buku tersebut.

Subhanallah makna “sejarah” tersebut bagi kita.

Oleh karena itu, di dalam ajaran agama islam, kita sebagai umat pun dianjurkan untuk mempelajari sejarah. Hal ini terdapat di dalam Al Quran surat An Nuur ayat 34:

ولقد أنزلنا إليكم آيات مبينات ومثلا من الذين خلوا من قبلكم وموعظة للمتقين

Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (An-Nuur:34)

Jika pagi datang, orang yang lalai akan berpikir apa yang harus dikerjakannya. Sedangkan orang yang berakal akan berpikir apa yang akan dilakukan Allah padanya” (Ibnu Athaillah)

Lalu apakah kita sebagai umat muslim juga akan lalai dalam mengukir sejarah kita sebagai manusia?

 

Jeddah, 6 Rabiúl Awal 1432 H

About Roland Yulianto
Setiap insan akan menjadi inspirasi, jika ia tulus memberikan cahayanya. Salah satu prinsip yang dipegang adalah "Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya"

One Response to Arti Pentingnya Sejarah ?

  1. Pingback: Perubahan Diri dan Masa Transisi « INSAN dan INSPIRASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: