Profile

Saya Roland Yulianto, dilahirkan di kota Padang tercinta sebagai anak terakhir dari tiga bersaudara. Kedua orang tua saya adalah asli suku minang, namun mereka lama merantau ke kota Bandung sejak masa sekolah dan kuliah. Kedua orang kakak saya pun lahir dan menjalani masa kecil di kota tersebut. Hanya saya satu-satunya anak minang asli yang lahir di Ranah Minang. Latar belakang keluarga ini memberikan pengaruh bagi saya. Secara umum saya mengetahui sedikit tentang adat orang Minangkabau di lingkungan keluarga. Namun hal ini tidak membuat saya lupa akan jati diri sebagai urang awak alias “rang minang”.

Sebagai anak muda minang, merantau alias keluar dari ranah minang adalah salah satu kebiasaan. Demikian juga dengan diri saya yang berniat merantau untuk mencari pengalaman dan mengasah pribadi kita di tengah-tengah lingkungan yang bisa jadi sangat berbeda dengan sebelumnya. Niat merantau inilah yang membawa saya berkeliling hampir ke seluruh pulau-pulau besar yang ada di negeri tercinta Indonesia, entah itu dari karena kerjaan atau saat saya menjadi atlet daerah.

Alhamdulillah, setelah banyak bertemu orang-orang dari latar belakang pendidikan, suku dan agama yang berbeda, ada banyak hal yang bisa menjadi hikmah dari setiap sejarah hidup mereka.

Sekarang giliran saya yang harus punya sesuatu. Sesuatu yang bisa menjadi hikmah bagi orang lain dan tentunya menjadi sejarah bagi diri saya sendiri.

Harapan besar menjadi menjadi insan yang punya iman dan ilmu pengetahuan yang akan menginspirasi orang-orang terdekat. Semua perjalanan ini demi mencari sebuah arti, agar Allah jadikanku hamba yang “syaabun nasya’a fii ‘ibaadatillaah”…

%d bloggers like this: